April 10, 2013

Addicted



Keren ya bahasanya, addicted. Ketergantungan. Seolah saya ndak bisa melepaskan diri dari hal tersebut, dari orang tersebut, dari jabatan tersebut, dari hubungan tersebut.

Kalo dirunut dan dibongkar sak’enak’e dhewe…. Ternyata sumber dari addicted ada ketergantungan dari “perut” atau boleh disebut, keinginan manusia saya. Sengaja ndak pake kita, sebab belum tentu saya mewakili sahabat, keluarga, teman, bahkan kamu kan…??? Jadi valid kalo saya mencontohkan diri sendiri…

 Belajar dari Bapak Tukul Arwana, yang berani menjelek-jelekkan diri, sehingga orang lain sudah ndak perlu menjelek-jelekkan dirinya. Lha wong sudah “rock bottom” sudah dasar, sehingga kalo menerima di atas dari dasar tersebut ya sudah berkah….

Kembali ke pokok celotehan di atas, misalnya saya sekarang gendut, BMI (berat masa index) tubuh saya (kalo mau ilmiah) jauh di atas 24 (yang menurut ilmu gizi) adalah seimbang. Jadi saya tergolong obesitas. Lha wong 31 dibandingkan dengan 24. Jadi ndak perlu orang lain untuk bilang saya obesitas. Kenapa obesitas? Ya karena suka makan. Apa berarti saya makan terus bahkan lebih dari 3 kali sehari. Ya….  Makan besar 3 kali, tapi makan ngemil ya diantaranya. Kalo ada makanan saya ambil. Ada rempeyek, makan, ada kerupuk makan, ada kopi diminum, ada aqua diminum, ketemu OB di kantor pesan combro lalu dimakan sendiri. 

Kebiasaan gitu kok mau kurus, lalu kalo nimbang stress sendiri. 

Olah raga, saya lakukan, 20 menit cross trainer. Keringetan… kurang, ya ndak tau…

Belum bisa kurus… pasti ada sebabnya. Saat ini saya mau bicarakan yang urusan obesitas saja… food addicted. Ndak bisa mengendalikan diri kalo liat makanan dan minuman. Penginnya dimakan/diminum. Kalo bisa dibongkar juga ada addicted lain sih, monggo…….bingung waktu kosong sedikit, pengin ngerokok, liat computer sebentar pengin buka situs pornografi, ato kalo sebentar ngaso (tangannya…) gatel cari BB, cari Iphone, cari HP untuk sekedar liat SMS, BBM, ato siapa tau ada pesan nyasar ato siapa tau ada yang miss call.

Kok kliatannya “manusia” saya ndak bisa diam ya? Ndak bisa “tahan” untuk tenang, sebentar aja…….masak sih segitu susahnya. Apa iya sih ndak bisa “diatur”; ndak bisa “dikendalikan”. Mosok saya dikendalikan oleh perut saya, mata saya, tangan saya, pikiran saya, kuping saya, dst dst dst….

Ternyata ada yang selama ini ndak saya gunakan, yakni hati. Jadi benar ilustrasi di sebuah buku yang pernah saya baca, kalo Tuhan akan menempati ruang yang sangat jarang manusia singgah, bahkan bisa terjadi seumur hidupnya ndak akan mampir ke tempat itu. Yakni di hati. Di relung hati….

Di laut, manusia akan menyelam sedalam yang bisa dicapainya. Di angkasa, manusia mencari bahkan sampai ke planet terjauh. Di hutan, manusia jelajahi bahkan buka hutannya. Di keramaian kota, di sepi nya pantai, di tingginya gunung. Tapi saya (mungkin juga manusia lainnya) ndak (mau) mampir ke hati sendiri….  Kata Prabu Joyoboyo, …..maka terjadilah Kerajaanku bernama Kediri… yang artinya “penjelajahan ke “dalam” diri; yakni hati terdalam tempat bertemu dan bercengkerama dengan Gusti Sang Maha SegalaNya. The All that Is…..

Sumonggo……..

Jakarta 10 April 2013

No comments:

Post a Comment