March 13, 2012

Menghargai

Hal menghargai..... Orang sana suka menyebutnya respect.

Menarik untuk ditelusuri, tadi pagi sewaktu selesai mencium putri kecilku untuk pamit mau berangkat sekolah. Tak terasa, trenyuh di hati ini... Sudah besar dia mau menyambut ilmu di sekolah TK B.

Ingat sewaktu masih di Surabaya lalu, dimana saya masih ditunggui Ibu selama jam sekolah. Beliau menunggu di luar pagar. Memastikan janjinya pada ku sewaktu mengantar di pintu untuk berbaris masuk kelas, dan memastikan Ibu ada sewaktu saya keluar kelas.

Bahkan saat aku di dalam kelas, dan terasa panjang waktu belajar, aku sudah melirik dan melihat-lihat jendela, siapa tau ibu sudah terlihat di sana. Kalo pandangan sudah melihatnya lalu senyumku melebar.....wuih.....

Saatku besar, bagaimana bisa menghargai ibu adalah hal yang sedemikian menantang... Ibu, sebagaimana orang tua pada umumnya sudah ndak mengikuti jaman, bahkan handphone, komputer, atau sejenisnya teknologi....

Awal bekerjaku, sampai beberapa tahun awal, luar biasa sulitnya. Tetapi dengan berjalannya waktu, dan mulaiku berumahtangga, ternyata menghargai atau respect atas tindakan, pemikiran, kebijakan ibu dan bapak tentunya semakin saya pahami. Matur nuwun Gusti atas berkah yang ada ini.

Ternyata mendidik anak membutuhkan iman, kepercayaan serta doa di dalam tindakan kita. Dan benar adanya bahwa orang tua mencurahkan seluruh jiwa dan raga untuk hidupnya keluarga muda dan kecil ini.

Sehingga diberjalannya waktu, menghargai menjadi menyatu dalam diri dan jiwa ini. Terima kasih ibu, terima kasih bapak dan terima kasihku pada semua orang tua yang mendampingi ku dan kami selama ini.

Jalan masih panjang, penting dan perlu untuk melihatnya secara hidup (dengan fighting spirit). Ora et labora....

Amin

Jakarta 10:11 13Mar2012

No comments:

Post a Comment