March 13, 2012

Iman

iman [n] adalah (1) kepercayaan (yg berkenaan dng agama); keyakinan dan kepercayaan kpd Allah, nabi, kitab, dsb: -- tidak akan bertentangan dng ilmu; (2) ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin
Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/iman#ixzz1oxXuKnB2

Kata ini sedemikian mengiang di telinga saya sejak pagi ini. Sejak peristiwa besar minggu lalu dengan meninggalnya ibu tercinta, saya agak goyah dalam hati dan jiwa ini. Adakah memang Tuhan menghendaki atau memang sudah selayaknya terjadi?

Ada beda terasa, kepergian ibu bila dibandingkan dengan kepergian bapak di tahun 2007. Bukannya untuk membandingkan mana yang lebih saya sayangi dan cintai sepenuh hati. Ternyata "sakit" di dada, rahang, serta kepala sebelah atas agak berbeda.

Kepergian ibu, serta merta membuat semuanya terlihat hitam, kelam, beranjak mulai abu-abu dan saat ini agak blur...

Terasa terbang lebih tinggi (dengan rasa ndak mau mendarat--mungkin belum sekarang...). Pijakan terasa rentan dan gamang.

Saat menerima ucapan bela sungkawa, apalagi dengan sambungan kalimat,"dikuatkan hatimu dan direlakan kepergiannya ya..." Lho kok seakan mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan (untuk saat ini). Bukannya menggerutu berkepanjangan, memang rasanya bukan basa-basi. Ibarat kena pukul, tetapi tangan si-pemukul masih menempel di pipi. (sewaktu kecil sempat saya rasakan kena pukul Jimmy teman bermain saya...)

Kembali pada rasa dan roso tadi pagi... Apa iya saya sudah ndak punya iman sehingga saat mengalaminya terasa goyah? Apa iya saya sudah tidak percaya Tuhan bahwa Beliau mendampingi bahkan membopong saya dipanggulNya? Apa iya kalo goyah berarti saya sudah tidak percaya pada sabdaNya?

Dalam hati kecil memang terdengar suara lembut namun tegas,"Saya percaya, dan pasti hal ini memberikan hikmah"

Gusti Allah yang memberikan, Gusti Allah juga yang mengambilNya. Apa iya kita ndak percaya bahwa pasti yang diperkenankanNya itu yang terbaik untuk kita? (dalam hal ini saya?)

Matur nuwun Gusti... Kulo badhe nderek mawon.

Jakarta 9:31 12Mar2012

No comments:

Post a Comment