November 27, 2011

Pemilikan atau Kemilik'an

Sesuatu baik yang berwujud dan tidak berwujud yang ingin kita "miliki" kadang dapat, walau bahkan seringkali dapat mencelakakan kita. Menurut hemat saya, rasa terbebani saat rasa tersebut benar-benar mendera kita untuk "segera" memiliki hal tersebut. Sekali lagi hal ini dapat berwujud dan tidak berwujud.

Sahabat sekalian yang pernah jatuh cinta, apalagi saat sekolah dulu, dalam masa pubertas merasa naksir lawan jenis dan ingin memilikinya. Sebagai reminder, saat orang yang kita taksir tersebut ngobrol dengan teman lain saja, kita begitu merasa terbuang.... Hayo mengaku, apakah pernah mengalami rasa itu?

Atau saat sekolah menengah atas SMU (dulu SMA) saat rekan atau tetangga yang seumur sudah mengendarai sepeda motor, maka demikian kita menginginkannya untuk memiliki untuk mengendarainya. Freedom ...... katanya. Apakah memang demikian rasa yang akan diperoleh setelah barang yang demikian kita inginkan untuk dimiliki telah kita peroleh?

Sebentar coba kita bongkar sedikit saja....

Rasa atau roso saat menguber hal yang ingin kita miliki tersebut demikian membuat adrenalin kita membumbung tinggi, passion, semangat, rasa "ser" bila berdekatan dengan "incaran" membuat rasa yang tidak dapat dilukiskan.

Nah saat akan "nembak" calon untuk dipacari tersebut, seperti kita mengambil keputusan hidup dan mati. Bagaimana kalau tidak berhasil, bagaimana bila ditolak? Apakah rasa malu, apakah rasa marah? Kecewa? Sepertinya kita mau mati saja, atau mau ganti kulit, ganti identitas, ganti KTP dan apapun untuk tidak usah ketemu lagi deh.....

Saat "menyatakan cinta atau melamar pacar tersebut" menjadi klimaks kita. Nah itu puncaknya.

Pertanyaan penting adalah bagaimana kalau ditolak? bagaimana kalau diterima? Apa perasaan kita? Senangkah? bahagiakah? untuk berapa lama? selamanya kah?

Yang pasti adalah babak baru akan kita alami. Apakah kita sudah siap untuk mengalami perubahan tersebut?

Banyak dari kita menjadi kecewa setelah "memiliki"nya. Kok cuma segitu ya? Nah rekan sahabat, mungkin ini bagian dari kita "surfing" di grafik rasa tersebut, setelah klimaks kita turun lagi...

Demikian pembuka/appitizer tentang pemilikan ini. Monggo bila ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang sahabat pembaca alami atau pikirkan. Matur nuwun. Tuhan memberkati.


Jakarta 14.34 Nop27,2011

No comments:

Post a Comment