August 01, 2011

Lupa

Lupa, lali, nglali, kesupen, forget, not remember, ketinggalan.

Ini kejadian yang kesekian kalinya. Memalukan? Buat orang lain, ya. Buat ku sendiri? Kenapa malu? Kan yang penting barang yang dicari masih ketemu. Kan masih ada orang lain yang membantu. Kan, kan, kan dan seterusnya dan seterusnya.

Memang enak ternyata masih ada sahabat, teman, rekan, istri, anak, asisten yang mau membantu, baik mencarikan barang yang tertinggal atau setidaknya ikut rembug ribet memikirkan tadi ketinggalan di mana.

Bagus kalo ternyata segera sadar bahwa barang tersebut ketinggalan, bagaimana kalo ternyata barang yang dicari adalah sudah setidaknya lebih dari 6 bulan ndak dipakai. Apa iya masih di tempatnya? Tempatnya? Di mana? Wong tempatnya aja lupa?

Jadi ingat Bapak Mertua di rumah selalu menyarankan bahwa barang yang sudah tidak dipakai (baca: ndak terpakai, walau masih bagus, namanya adalah "tidak dipakai") sebaiknya tiap bulan disingkirkan untuk dimanfaatkan orang lain (baca: dibagikan pada pihak yang membutuhkan).

Salah satu sarannya adalah: ajak anggota keluarga untuk bekerja sama, bila misalnya buku/majalah/baju atau apa saja, yang sudah tidak pernah disentuh lebih dari 2 bulan dan berada tetap pada tempatnya (tentu saja ndak usah izin pada pihak yang punya) pelan-pelan disingkirkan. Jadi bila pada bulan ke-tiga tidak disinggung juga, maka sebaiknya diserahkan pada acara "garage sale".

Kalo ternyata pada bulan ke-enam dicari lagi (ato ingat lagi), maka tinggal bilang:"lho kan selama ini sudah ndak pernah dipake, kok masih ingat?"

Hayo, ada yang punya pengalaman lain? Monggo di-sharing di sini.

14:38 1Aug2011

2 comments:

  1. Betul pak, saya paling senang merapihkan gudang dan lemari pakaian. Walau memang pas mau menyisihkan itu ada rasa 'sayang', tapi merem, ambil nafas, masukkan dus, taro di pintu luar.

    Kalo udah gak keliatan, akhirnya lama2 bener2 lupa dengan barang itu dan rasa 'sayang' berubah menjadi harapan semoga bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

    Wah, jadi pengen bongkar-bongkar lagi nih menjelang lebaran!

    Salam...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mbak Windy atas respons-nya.

    ReplyDelete