August 03, 2011

Mau mu ndak sama dengan Mau ku? Kenapa sih kok mau repot?

Begitu aja kok repot?

Ini merupakan ungkapan dari mantan Presiden Gus Dur yang terkenal itu. Betul sekali, kok kita repot-repot ngurusi dan ngitung Mau orang lain yang sudah jelas maupun ndak jelas berbeda dari Mau kita.

Sering kali niat baik kita untuk mengembangkan organisasi, meningkatkan hubungan, memajukan perusahaan, kita dengan sukarela melemparkan ide. Sebagai pencetus ide, sudah barang tentu kita akan bertanggung jawab untuk ikut minimal rembug dalam pelaksanaan atau sebagai peserta. Nah, masalah akan timbul (ini kalo kita mau menyebut hal itu adalah masalah), adalah bahwa tidak semua anggota organisasi, tim kerja atau rekan kita mau menerima ide tersebut sebagai ide yang baik untuk diterima apalagi dilaksanakan.

Kedua, ada pandangan bahwa, si rekan tersebut dapat berpikir, kalo cuma "hal itu aja", saya sih sudah terpikir, tapi keduluan kamu aja (itu pikir yang diungkapkan, dan seringkali tidak di depan kita tentunya).

Ketiga, pandangan yang langsung dan "melotot" pada kita adalah, kenapa sih kamu repot-repot lempar ide? Kan sekarang ini, kita sedang dalam kondisi bagus-bagusnya, enak-enaknya, kalo tiba-tiba pemimpin kita menerima ide kamu, maka akan ada perubahan dong. Nah lo.... Kita tahu bahwa ini merupakan kejadian yang mengusik comfort zone.

Keempat, kalo kamu yang lempar ide, artinya ada sesuatu yang ada di "agenda kamu" dong... Apa sih untungnya buat kamu? Kamu mau cari muka atau kamu akan memperoleh sesuatu dari ide itu?

Kelima dan seterusnya, akan terjadi upaya untuk membuat ide tersebut menjadi terlihat konyol dan tidak dapat diterapkan. Ataupun setidaknya kalo diterapkan akan terlalu banyak effort yang terbuang. Wah....

Seberapa sering kita mengalami hal ini? Ndak pernah?

Hayo coba diingat-ingat lagi. Saya doakan dan alhamdulilah bila rekan pembaca tidak pernah mengalaminya. Tetapi kalo pernah mengalaminya, apa yang rekan lakukan?

Monggo lain waktu kita sambung lagi.....

15.44 3Aug2011

No comments:

Post a Comment